Berita

Disperindag Menggelar Pelatihan Membuat Kerajinan Clay Yang Diminati Di Spanyol

Instruktur pelatihan membantu dan memberikan penjelasan kepada para peserta pelatihan, Senin (14/9)
Instruktur pelatihan membantu dan memberikan penjelasan kepada para peserta pelatihan, Senin (14/9)

Pelatihan yang dilaksanakan di Hotel Trio Indah 2 Malang ini diikuti sebanyak 74 pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) se-Kota Malang. Beberapa bahan dasar yang digunakan yaitu tepung maizena, tepung tapioka, tepung beras, lem putih, natrium benzoat, dan baby oil.

Dari beberapa bahan itu, setelah dicampur sedemikian rupa selanjutnya akan dibentuk menjadi berbagai aksesoris seperti kalung, anting, gantungan kunci, bunga, berbagai macam miniatur hewan, boneka karakter, dan lain-lain.

Hasil kerajinan ini tak hanya laku keras di dalam negeri seperti di Lombok dan Bali, namun juga dipesan oleh negara Spanyol. Dalam dua minggu, Spanyol memesan 1.000 unit. Ini peluang bisnis yang sangat luar biasa dan harus dimanfaatkan dengan baik.

Demikian yang disampaikan salah satu instruktur pelatihan, Dwi Ningsih saat ditemui disela-sela acara. Menurutnya, para peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan, dan dari sisi hasil karyanya cukup memuaskan. “Dengan semangat tinggi, mereka tidak sia-sia mengikuti pelatihan ini,” bebernya, Selasa (14/9).

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan Edith Recardini mengatakan jika ia sangat senang bisa mengikuti pelatihan ini. Perempuan berjilbab itu sangat menyukai berbagai kreasi dan bentuk dari bahan tepung ini. “Setelah pelatihan ini, saya berencana akan membuka usaha di rumah,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Hilda Faradipa, yang mengatakan jika ia memperoleh banyak pengalaman serta pengetahuan dari pelatihan ini. Meski masih muda, Hilda pun berencana akan melanjutkan keterampilan ini di rumah bersama keluarganya. “Kalau memungkinkan, saya juga ingin mempunyai usaha seperti ini,” tukasnya. (say/yon)

Sumber: http://mediacenter.malangkota.go.id/2015/09/kerajinan-clay-kota-malang-diminati-di-spanyol/#ixzz3ln9gXzbI oleh: Achmad Syaiful Afandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *