Umum

Wagub DKI Kunjungi Kampung Hijau Glintung

Foto: Rombongan Rektor, IKA UB, dan WAGUB DKI kunjungi Glintung. Dok: Suhermanto – Malang Pagi

Malang – Wakil Gubernur DKI Djarot Syaiful Hidayat betah berlama-lama di kampung hijau Glintung, Blimbing kota Malang minggu siang (25/10/2015). Bersama Rektor UB dan rombongan Pimpinan Pusat IKA UB, Djarot melihat langsung skema penghijauan di RW 23 Kelurahan Purwantoro tersebut, seperti sistem sumur resapan biopori, konsep penanaman di lahan sempit, pembibitan dan melihat lokasi yang akan dibangun pembangkit listrik mikro tenaga air.

Presidium IKA UB Syamsul Maarif, SH, LLM, PhD yang bersama rombongan salut dengan kekompakan warga Glintung, “Kampung ini sangat asri. IKA UB akan bersinergi untuk mendukung gerakan lingkungan dan menabung air.” Ujar Alumni FH UB yang saat ini menjadi Hakim Agung MA RI tersebut kepada Malang Pagi.

Sementara Wagub DKI Djarot melihat secara seksama baik sistem penanaman bunga, sumur hingga mendengarkan sistem pembangunan Glintung Go Green yang dipaparkan Ir. Bambang Irianto tokoh masyarakat yang sekaligus Ketua RW 23 Purwantoro. Paparan Bambang Irianto tentang Kampung Ijo membuat rombongan terkagung-kagum.

“Ini terobosan bagus dalam rangka menghadapi kemungkinan terjadinya krisis air dan energi. Glintung memberi inspirasi bagi saya untuk diterapkan di DKI terutama di kawasan padat penduduk.” Ucap Wakilnya Gubernur Ahok tersebut sambil meminta kepada Ajudannya untuk mendokumentasikan setiap detail taman dan resapan biopori karya warga Glintung.

glintung go green 2
Antusiasme warga Glintung sangat tinggi terhadap rombongan IKA UB maupun Wagub DKI. Bahkan beberapa warga meminta foto bersama setelah perwakilan rombongan menorehkan tandatangan di kanvas putih, cinderamata kehadiran bersejarah tersebut di kampung yang selama ini identik dengan banjir.

Saat yang bersamaan tampak banyak rombongan warga di luar Blimbing yang melakukan tour wisata lingkungan untuk menyaksikan langsung keberhasilan kampung Glintung mendekorasi ruangnya menjadi hijau, asri dan ramah lingkungan.

“Kami sudah jauh-jauh hari merencanakan kunjungan disini. Bagusnya seperti tempat wisata dan bersih sekali. Kami bisa sambil belajar.” Ujar salahsatu anggota rombongan warga tour Glintung Go Green. (lam)

Sumber: http://www.malangpagi.com/wagub-dki-kunjungi-kampung-hijau-glintung.html?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *