BeritaPengumumanUmum

Enam Kampung Tangguh Terbaik Mendapat Hadiah Dari Kapolresta Malang Kota, RW.05 Kel. Purwantoro Juara I

Enam Kampung Tangguh Terbaik Mendapat Hadiah Dari Kapolresta Malang Kota, RW.05 Kel. Purwantoro Juara I

Enam Kampung Tangguh Terbaik Mendapat Hadiah Dari Kapolresta Malang Kota     

 – Selain berlomba-lomba menciptakan kemandirian masyarakat dalam menghadapi pandemi virus corona (Covid-19), upaya membangun kampung tangguh juga diapresiasi oleh jajaran Polresta Malang Kota dalam bentuk penilaian lomba.

Dari pelbagai penilaian yang dilakukan akhirnya Enam wilayah yang sudah menerapkan Kampung Tangguh mengikuti apel di Polresta Malang Kota untuk mendapatkan hadiah atas prestasi mereka menjuarai lomba Kampung Tangguh.

Enam wilayah yang kali ini berhasil menjadi juara antara lain Kampung Tangguh Semeru Glintung Purwantoro sebagai Juara I, Juara Kedua berhasil diraih oleh Kampung Tangguh Villa Bukit Tidar RW 11 Merjosari, Kampung Tangguh Semeru RW 7 Tlogomas menjadi Juara Ketiga. Sementara Juara Harapan I diraih oleh Kampung Tangguh RW 5 Tlogomas, Juara Harapan Dua diraih oleh Kampung Tangguh RW 7 Bunulrejo, dan Kampung Tangguh RW 8 Lesanpuro menjadi Juara Harapan Ketiga.

Kapolresta Malang Kota KBP Leonardus Harapantua Simarmata dalam amanatnya sebagai Pimpinan Apel menyampaikan keberadaan Kampung Tangguh Semeru melatih masyarakat untuk hidup gotong-royong dan saling peduli.

“Kalau konsep ini dijalankan terus, maka situasi Kamtibmas di Wilayah Kota Malang akan tetap aman dan kondusif,” ungkap Kapolresta Malang Kota.

Para juara Kampung Tangguh untuk tingkat Kota Malang rencananya datanya akan dikirimkan ke tingkat provinsi untuk dilombakan kembali dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 75 tahun 2020 di tingkat Jawa Timur.

Untuk mendukung semakin mandirinya masyarakat dengan semua ketangguhan yang telah dibangunnya, para pemenang lomba Kampung Tangguh ini selain mendapat Piagam Penghargaan dari Kapolresta Malang Kota juga mendapatkan bantuan berupa APD dan alat Kesehatan seperti Hand sanitizer, Disinfektan, Alat semprot punggung, Baju Hazmat, Face Shield, Thermogun, Masker kain, Masker Medis, Sarung Tangan, Sepatu Boat, Kacamata Googles, Kantong Mayat dan Helm Visor.

Komandan Kodim 0833 kota Malang yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan semoga dengan reward yang diberikan oleh jajaran Polresta Malang Kota ini dapat semakin meningkatkan kemandirian dan juga semangat untuk dapat semakin tangguh di wilayahnya masing-masing.

“Semoga juga bisa menginspirasi wilayah lain untuk dapat berkembang menjadi Kampung Tangguh seperti yang sudah ada saat ini,” pungkas Dandim 0833 kota Malang. (A.Y)

+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Polresta Malang Kota Unggulkan 6 Kampung Tangguh Berlaga di Tingkat Provinsi

Kapolresta Malang Kota Kombespol Leonardus Simarmata saat memberikan hadiah-hadiah kepada para perwakilan Kampung Tangguh Semeru yang menjadi pemenang (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kapolresta Malang Kota Kombespol Leonardus Simarmata saat memberikan hadiah-hadiah kepada para perwakilan Kampung Tangguh Semeru yang menjadi pemenang (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

Polresta Malang Kota telah memilih 6 Kampung Tangguh Semeru unggulan di Kota Malang. Keenam Kampung Tangguh Semeru tersebut terpilih lantaran mempunyai inovasi yang memang sangat berguna untuk masyarakat.

Inovasi meliputi ketangguhan keamanan dengan adanya kegiatan poskamling, tangguh secara informasi dengan adanya posko Covid-19, tangguh secara logistik dengan adanya lumbung pangan dan dapur umum, tangguh secara psikologi dan sumberdaya manusia.

“Enam Kampung Tangguh Semeru yang terpilih telah memenuhi kriteria dan aspek tim penilai dari Polresta Malang Kota sebagai pemenang,” ungkap Kapolresta Malang Kota Kombespol Leonardus Simarmata, Senin (6/7/2020) pagi.

6 Kampung Tangguh Semeru tersebut, yakni, juara 1 Kampung Tangguh Semeru Glintung, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, juara 2 Kampung Tangguh Semeru Villa Bukit Tidar, RW 11 Kelurahan Arjosari, Kecamatan Lowokwaru, juara 3 Kampung Tangguh Semeru RW 7 Kelurahan Tlogomas.

Juara Harapan 1, Kampung Tangguh Semeru RW 5 Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, juara Harapan 2 Kampung Tangguh Semeru RW 7 Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, juara harapan 3 Kampung Tangguh Semeru RW 8 Lesanpuro, Kecamatan Kedungkandang.

“Data para juara atau pemenang akan kami kirim ke Polda untuk diikutkan pada lomba tingkat provinsi dalam rangka Hari Kemerdekaan RI ke 75,” jelas mantan Kapolresta Batu itu.

Para juara nantinya selain mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan dari Kapolresta Malang Kota, para pemenang termasuk 10 kampung Tangguh Semeru terpilih lainnya akan mendapatkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dan juga alat keselamatan lain.

“Ada handsanitizer, faceshield, masker, disinfektan, alat semprot, baju Asmat, masker medis, sarung tangan, sepatu, kacamata dan lainnya, itu bersumber dari anggaran kontijensi Polri. Jadi ini anggaran berbasis kinerja,” bebernya.

Sementara itu, adanya Kampung Tangguh Semeru untuk menekan adanya wabah pandemi ini sangatlah efektif. Sebab kampung Tangguh Semeru berjalan menyisir langsung dari kluster yang rentan, seperti kluster keluarga.

“Berjalan pada episentrum zona merah pada kluster keluarga. Kita mempersempit ruang dengan pembatasan lokal, sehingga bisa mencegah penularan,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *