Agenda Kegiatan PKK dan Artikel Kesehatan

Dinas Kominfo Gelar Workshop Pengelolaan Data PKK

Klojen (malangkota.go.id) – Mendukung visi misi Wali Kota Malang mewujudkan Kota Malang sebagaismart city, Dinas Kominfo Kota Malang menggandeng TP PKK Kota Malang menggelar workshoppengelolaan data dan informasi pemberdayaaan kesejahteraan keluarga (PKK) Kota Malang di Hotel Grand Palace, Rabu (18/9/2019).

Ketua TP PKK Kota Malang, Hj. Widayati Sutiaji, S.Sos., MM foto bersama dengan panitia dan peserta

Kegiatan yang dihadiri sekitar 140 orang calon admin aplikaei Sistem Informasi (SIM) PKK dari TP PKK kelurahan, kecamatan hingga tingkat Kota Malang tersebut dibuka oleh Ketua TP PKK Kota Malang, Hj. Widayati Sutiaji, S.Sos., MM.

Widayati mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan itu merupakan sharing kegiatan dengan Dinas Kominfo Kota Malang yang memiliki sasaran para ibu-ibu. Tujuannya, PKK ingin memiliki database dari hulu hingga hilir. Biasanya, kata dia, kalau data itu dipegang oleh PKK akurat sekali. Karena PKK mempunyai keanggotaan hingga Dasa Wisma.

“Dasa Wisma hanya memiliki lingkup 10 keluarga yang akan didata. Sehingga jangkauannya tidak terlalu luas dan data bisa akurat,” kata Widayati.

Menurut Widayati usai berbincang dengan narasumber dari Semarang mengatakan bahwa di Semarang ada regulasi yang berpihak kepada PKK. Oleh karena itu, kenapa tidak Kota Malang bisa membuat hal seperti itu. Regulasi yang ada di Semarang akan diadopsi dan akan disampaikan kepada Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji biar ada APBD yang berpihak kepada PKK.

“Saya berharap sekali kepada Kominfo tetap kita sharing kegiatan. PKK mempunyai sasaran, Kominfo mempunyai kegaiatan,” sambung Widayati.

Plt Kepala Bidang Statistik Dinas Kominfo Kota Malang, Ismintarti, SP selaku penyelenggara menjelaskan bahwa tujuan dari diselenggarakannya kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman, pembinaan, dan motivasi terkait pengelolaan data dan informasi 10 Program Pokok PKK kepada seluruh kader PKK yang nantinya akan menjadi admin SIM PKK.

“Melalui aplikasi ini, nantinya seluruh data, informasi, dan kegiatan yang dilaksanakan mulai dari tingkat Dasa Wisma akan dapat tersimpan dan dilaporkan secara cepat hingga TP PKK Kota Malang,” jelas Ismintarti.

Untuk diketahui, bahwa Sistem Informasi (SIM) PKK adalah aplikasi berbasis website yang akan dikembangkan oleh Dinas Kominfo Kota Malang.

Dalam workshop tersebut ada dua narasumber yang hadir untuk mempresentasikan materinya, yakni Dr. Kartika Ftihriasari dari Departemen Statistika FMKSD Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) yang menjelaskan pentingnya sistem informasi dalam mendukung peningkatan kinerja PKK.

Sementara, Arif Budiman, S.Kom dari Dinas Kominfo dan Persandian Kota Semarang memaparkan implementasi sistem informasi yang telah berjalan di Kota Semarang.

sumber: (Dinas Kominfo Kota Malang)

============================================================================

Pertemuan Rutin TP-PKK Kelurahan Purwantoro, dilaksanakan pada Selasa, 20 Agustus 2019 di Aula Kelurahan Purwantoro Pukul 08.00 – selesai

Agenda rutin tersebut selain Koordinasi intern Organisasi, juga penyerahan secara simbolis SK TP-PKK Kelurahan dan TP-PKK RW periode 2019-2021

============================================================================

PEMBERIAN EDUKASI KESEHATAN di PERTEMUAN POKJA 4 KEL. PURWANTORO ”

Senin, 16 September 2019

Hari ini merupakan jadwalnya pertemuan pokja 4 kel.purwantoro lho….

Pada pertemuan ini, seluruh ketua posyandu di wilayah purwantoro berkumpul menjadi satu di aula kelurahan untuk membahas semua permasalahan yang terjadi di masing- masing RW.

Permasalahan yang dibahas tidak hanya kesehatan saja, melainkan permasalahan lainnya juga seperti sosial, hasil rapat dll.

Petugas Promosi Kesehatan datang untuk menjadi narasumber dari puskesmas. Materi yang di sampaikan mengenai posyandu dan kegiatannya. Kemudian juga evaluasi dan monitoring Emo Demo di posyandu.

Selain petugas promosi kesehatan , bidan wilayah kelurahan purwantoro juga membahas mengenai survei KS yang pada tahun 2019 ini harus sudah selesai

=============================================================================

” PERTEMUAN LINTAS SEKTOR PUSKESMAS CISADEA ”

Kamis, 12 September 2019

Hari ini Puskesmas Cisadea mengadakan pertemuan Linsek ( Lintas Sektor ) Tri bulan ke-3 pada pukul 08.00 WIB yang bertempat di Ruang Pertemuan Puskesmas Cisadea.

Pertemuan ini di hadiri oleh bapak camat kecamatan blimbing, bapak lurah kelurahan blimbing,Babinsa Kecamatan blimbing,Ketua FMPP, Koordinator kader, Kepala KUA Blimbing, Perwakilan Pokja IV kelurahan purwantoro.

Dalam pertemuan kali ini permasalahan kesehatan yang dibahas salah satunya mengenai pengajuan kerja sama KUA Blimbing dengan Puskesmas Cisadea dalam hal ini petugas gizi, petugas promkes, dan bidan dalam pelaksanaan pelayanan pemeriksaan dan konseling pada Catin ( Calon Pengantin ) di KUA Blimbing.

Di harapkan kegiatan pemeriksaan dan konseling pada calon pengantin di KUA Blimbing dapat segera di tindak lanjuti .

=============================================================================

” BALITA RUJUKAN DAPATKAN KONSELING GIZI ”

Sabtu, 14 September 2019

Hari ini petugas nutrisionis pusmesmas cisadea menerima kiriman balita rujukan dari posyandu di kelurahan purwantoro.

Balita tersebut mengalami berat badan dan tinggi badan yang tidak naik. Bahkan mengalami penurunan dari berat badan dan tinggi badan sebelumnya.

Di Puskesmas ibu balita di berikan konseling gizi oleh petugas nutrisionis. Kemudian melakukan pengecekan KMS balita. Setelah dilakukan pendekatan secara 4 mata, balita tersebut tidak naik berat dan tingginya dikarenakan mengalami sakit. Sehingga terjadi kehilangan nafsu makan setiap harinya.

Maka karena itu, petugas nutrisionis memberikan PMT ( pemberian makanan tambahan ) berupa biskuit kepada balita sebagai upaya membantu menaikkan berat badan balit

===============================================================================

” KELAS IBU HAMIL ”

Jumat, 13 September 2019

Kelas ibu hamil adalah kelompok belajar ibu – ibu hamil dengan umur kehamilan antara 4 minggu sampai dengan 36 minggu ( menjelang kelahiran ) dengan jumlah peserta 15 orang.

Tujuan kelas ibu hamil adalah meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan dan persalinan.

Di dalam kelas ibu hamil yang diselenggarakan oleh puskesmas cisadea, terdapat kegiatan senam ibu hamil yang wajib di lakukan selama kelas hamil berlangsung.

Manfaat dari gerakan senam hamil sendiri adalah membantu menguatkan otot,meningkatkan elastisitas jalan lahir,dapat membantu posisi bayi semakin turun mendekati jalan lahir.

 

===============================================================================

Memberantas Jentik Di Rumah

Cara Memeriksa Jentik

Diantara Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah kebiasaan memberantas jentik di rumah. Ini adalah kebiasaan yang baik mengingat keberadaan penyakit seperti DBD dan malaria sangat dipengaruhi keberadaan jentik yang ada di rumah.

Mengapa harus memberantas jentik di rumah?

Jawabannya mudah tentunya yaitu agar rumah bebas jentik.

Apa itu rumah bebas jentik?

Rumah bebas jentik adalh rumah tangga yang setelah dilakukan pemeriksaan jentik secara berkala tidak terdapat jentik nyamuk.

Apa itu pemeriksaan jentik berkala (PJB)?

Adalah pemeriksaan tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk (tempat-tempat penampungan air) yang ada di dalam rumah seperti bak mandi/ WC, vas bunga, tatakan kulkas, dll. Dan diluar rumah seperti talang air, alas pot kembang, ketiak daun, lubang pohon, pagar bambu, dll yang dilakukan setiap minggu secara teratur.

Siapa yang melakukan pemeriksaan jentik berkala?

  • Anggota rumah tangga
  • Kader
  • Juru pemantau jentik (jumantik)
  • Tenaga pemeriksa jentik lainnya

Apa yang perlu dilakukan agar rumah bebas jentik?

  • Lakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan cara 3M plus (menguras, menutup, mengubur, plus menghindari gigitan nyamuk)
  • PSN merupakan kegiatan memberantas telur, jentik dan kepompong nyamuk penular berbagai penyakit seperti Demam Berdarah Dengue, Chikungunya, Malaria, Filariasis (kaki gajah) di tempat-tempat perkembangbiakannya.
  • 3M plus adalah tiga cara plus yang dilakukan pada saat PSN, yaitu : Menguras dan menyikat tempat-tempat penampungan air seperti bak mandi, tatakan kulkas, tatakan pot kembang dan tempat air minum burung. Menutup rapat-rapat tempat penampungan air seperti lubang bak kontrol, lubang pohon, lekukan-lekukan yang dapat menampung air hujan. Mengubur atau menyingkirkan barang-barang bekas yang dapat menampung air seperti ban bekas, kaleng bekas, plastik-plastik yang dibuang sembarangan (bekas botol/ gelas aqua, plastik, kresek, dll)

Plus menghindari gigitan nyamuk, yaitu :

  • Menggunakan kelambu ketika tidur
  • Memakai obat yang dapat mencegah gigitan nyamuk, misalnya obat nyamuk, bakar, semprot, oles/ diusap ke kulit, dll
  • Menghindari kebiasaan menggantungkan pakaian di dalam kamar
  • Mengupayakan pencahayaan dan ventilasi yang memadai
  • Memperbaiki saluran dan talang air yang rusak
  • Menaburkan larvasida (bubuk pembunuh jentik) di tempat-tempat yang sulit dikuras misalnya di talang air atau di daerah sulit air
  • Memelihara ikan pemakan jentik di kolam/ bak penampung air, misalnya ikan cupang, ikan nila, dll
  • Menanam tumbuhan pengusir nyamuk misalnya Zodia, Lavender, Rosemerry, dll

Apa manfaat rumah bebas jentik?

  • Populasi nyamuk menjadi terkendali sehingga penularan penyakit dengan perantara nyamuk dapat dicegah atau dikurangi
  • Kemungkingan terhindar dari berbagai penyakit semakin besar seperti Demam Berdarah Dengue (DBD), Malaria, Chikungunya, atau kaki gajah
  • Lingkungan rumah menjadi bersih dan sehat

Bagaimana cara pemeriksaan jentik berkala?

  • Mengunjungi setiap rumah tangga yang ada di wilayah kerja untuk memeriksa tempat yang sering menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk/ tempat penampungan air di dalam dan di luar rumah serta memberikan penyuluhan tentang PSN kepada anggota rumah tangga
  • Menggunakan senter untuk melihat keberadaan jentik
  • JIka ditemukan jentik, anggota rumah tangga diminta untuk ikut menyaksikan/ melihat jentik, kemudian langsung dilanjutkan dengan PSN melalui 3M atau 3M plus
  • Memberikan penjelasan manfaat dan anjuran PSN kepada anggota rumah tangga

Sumber : “Rumah Tangga Sehat Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat” Pusat Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, 2007

===============================================================================

7 Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan Tubuh

Minuman kental berwarna putih dan berprotein tinggi dikenal dengan nama susu. Ada dua jenis susu yang biasanya dikonsumsi oleh manusia, yaitu susu protein hewani dan susu protein nabati. Susu protein hewani biasanya berasal dari susu sapi dan susu kambing. Sementara untuk susu protein nabati berasal dari sari kacang, seperti susu almond dan susu kedelai. Meskipun berbeda, namun kedua jenis susu ini mempunyai nutrisi dan manfaat yang tidak berbeda jauh.

Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan Tubuh

Jenis susu protein nabati yang banyak dikonsumsi adalah susu kedelai. Pasalnya, susu kedelai mudah didapatkan dan harganya juga lebih murah dibandingkan dengan susu almond. Walaupun murah, bukan berarti di dalamnya tidak ada kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Di dalam susu kedelai terdapat kandungan nutrisi berupa protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B12, vitamin D, vitamin E, asam folat, asam amino, mineral, phytoestrogen, antioksidan, lemak nabati, riboflavin dan masih banyak lagi lainnya.

 

Dengan adanya semua kandungan nutrisi tersebut, membuat susu kedelai mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Agar tidak penasaran, ketahuilah sejumlah manfaat susu kedelai berikut ini. Sesuai apa yang dikutip dari gen22.net, inilah manfaat susu kedelai untuk kesehatan tubuh.

7 Manfaat Susu Kedelai

  1. Baik untuk Kesehatan Jantung
    Susu kedelai hanya mempunyai kandungan minyak jenuh dalam jumlah sedikit sehingga tidak akan meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam darah dan baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung serta tidak akan menyebabkan obesitas.
  2. Mencegah Diabetes Mellitus
    Penyakit diabetes terjadi akibat tubuh kekurangan hormon insulin sehingga terjadi kelainan metabolisme lemak, air, elektrolit, karbohidrat dan protein. Kandungan asam amino yaitu, ariginin dan glisin yang terdapat di dalam susu kedelai mampu menjaga keseimbangan hormon insulin di dalam tubuh.
  3. Mencegah Penyakit Kanker
    Di dalam susu kedelai terdapat kandungan phytoestrogen yang melimpah. Phytoestrogen merupakan hormon tanaman yang mempunyai kemampuan untuk menghambat produksi hormon testosterone pada tubuh pria. Kadar hormon testosterone yang berkurang dapat mencegah pertumbuhan kanker prostat.
  4. Baik untuk Organ Hati
    Di dalam susu kedelai terdapat kandungan nutrisi yang aman dan baik untuk organ hati, karena hati tidak perlu bekerja keras untuk menetralkan susu kedelai. Hal ini disebabkan karena di dalam susu kedelai tidak ada kandungan zat yang merugikan organ hati.
  5. Menjaga Kesehatan Tulang
    Susu kedelai juga mempunyai kandungan kalsium dan vitamin D yang diperlukan untuk menutrisi tulang, menjaga kepadatan tulang, menjaga struktur tulang dan menguatkan tulang. Dengan demikian, susu kedelai dapat menjaga kesehatan tulang dan dapat mencegah terjadinya osteoporosis.
  6. Menurunkan Berat Badan
    Susu kedelai mempunyai kadar gula dalam jumlah sedikit, yaitu sekitar 7 gram saja karena di dalamnya terdapat kandungan asam lemak tak jenuh yang dapat menghambat proses penyerapan lemak di dalam usus sehingga dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama. [1]
  7. Menjaga Kesehatan Kulit
    Di dalam susu kedelai terdapat kandungan antioksidan dan vitamin E. Kedua kandungan tersebut berperan untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan antioksidan di dalamnya berperan untuk memerangi efek radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kanker kulit. Sementara kandungan vitamin E di dalamnya berfungsi untuk melembabkan kulit, menghaluskan kulit, mengencangkan kulit dan mencerahkan kulit, sehingga akan terlihat awet muda.

Mengkonsumsi susu kedelai dapat dijadikan sebagai alternatif bagi seseorang yang alergi susu protein hewani. Selain itu, susu kedelai juga dapat dijadikan minuman sehat untuk para vegetarian dan dapat dijadikan sebagai minuman diet sehat. Supaya tidak bosan untuk mengkonsumsinya, ada banyak pilihan varian rasa susu kedelai, seperti rasa coklat, strawberry hingga jahe.

Semua manfaat dari susu kedelai tersebut bisa didapatkan jika tetap dikonsumsi dalam porsi yang bijaksana dan tidak berlebihan. Kemudian, pastikan bahwa telah mengkonsumsi susu kedelai asli yang tidak tercampur dengan bahan-bahan kimia. Namun, susu kedelai tidak disarankan untuk diberikan kepada balita berusia di bawah satu tahun. Untuk balita di bawah satu tahun, sebaiknya cukup diberikan dengan ASI saja.

Sumber : http://mistercufflink.com/manfaat-susu-kedelai-untuk-kesehatan.html

===============================================================================

Makan Sayur Dan Buah Setiap Hari Untuk Kecantikan

Manfaat Buah-buahan dan Sayuran untuk Kecantikan Kulit Perempuan

Manfaat Buah-buahan dan Sayuran untuk Kecantikan Kulit Perempuan

Manfaat Buah-buahan dan Sayuran untuk Kecantikan Kulit Perempuan

 

Diantara Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah kebiasaan makan sayur dan buah setiap hari. Ini adalah kebiasaan yang baik mengingat pola makan yang sehat dan baik akan dapat membantu kesehatan seseorang dan menjadikannya tidak mudah sakit. Lain halnya jika makan seseorang tidak sehat dan tidak baik, maka kemungkinan untuk sakit sangat besar.

Siapa yang diharapkan makan sayur dan buah?

Setiap anggota rumah tangga agar mengkonsumsi minimal 3 porsi buah dan 2 porsi sayuran atau sebaliknya setiap hari.

Mengapa kita harus makan sayur dan buah?

Makan sayur dan buah setiap hari sangat penting karena :

  • Mengandung vitamin dan mineral, yang mengatur pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh.
  • Mengandung serat yang tinggi.

Apa manfaat vitamin yang ada di dalam sayur dan buah?

  • Vitamin A untuk pemeliharaan kesehatan mata.
  • Vitamin D untuk kesehatan tulang.
  • Vitamin E untuk kesuburan dan awet muda.
  • Vitamin K untuk pembekuan darah.
  • Vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi.
  • Vitamin B untuk mencegah penyakit beri-beri.
  • Vitamin B12 untuk meningkatkan nafsu makan.

Apa manfaat serat yang ada di dalam sayur dan buah?

Serat adalah makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yang sangat berfungsi untuk memelihara usus. Serat tidak dapat dicerna oleh pencernaan sehingga serat tidak menghasilkan tenaga dan dibuang melalui tinja. Serat tidak untuk mengenyangkan tetapi dapat menunda pengosongan lambung sehingga orang menjadi tidak cepat lapar.

Manfaat makanan berserat, yaitu :

  • Mencegah diabetes.
  • Melancarkan buang air besar.
  • Menurunkan berat badan.
  • Membantu proses pembersihan racun (detoksifikasi).
  • Membuat awet muda.
  • Mencegah kanker.
  • Memperindah kulit, rambut dan kuku.
  • Membantu mengatasi anemia (kurang darah).
  • Membantu perkembangan bakteri yang baik dalam usus.

Berapa banyak sayur dan buah dalam sehari harus kita makan?

  • Sayur harus dimakan 2 porsi setiap hari, dengan ukuran satu porsi sama dengan satu mangkuk sayuran segar atau setengah mangkuk sayuran matang. Sebaiknya sayuran dimakan segar dan dikukus, karena jika tidak direbus cenderung melarutkan vitamin dan mineral.
  • Buah-buahan harus dimakan 2-3 kali sehari. Contohnya, setiap kali makan setengah mangkuk buah yang diiris, satu gelas jus atau satu buah jerus, apel, jambu biji atau pisang. Makanlah berbagai macam buah karena akan memperkaya variasi zat gizi yang terkandung dalam buah.

Sayur dan buah seperti apa yang bagus kita makan?

  • Semua sayur bagus untuk dimakan, terutama sayuran yang berwarna (hijau tua, kuning atau orange) seperti bayam, kangkung, daun katuk, wortel, kacang panjang, selada hijau atau daun singkong.
  • Semua bahan bagus untuk dimakan, terutama yang berwarna (merah, kuning) seperti mangga, pepaya, jeruk, jambu biji atau apel, lebih banyak kandungan vitamin dan mineral serta seratnya.
  • Pilihan buah dan sayur yang bebas pestisida dan zat berbahaya lainnya. Biasanya ciri-ciri sayur dan buah yang baik ada sedikit lubang bekas dimakan ulat dan tetap segar.

Bagaimana mengelola sayur dan buah dengan tidak merusak atau mengurangi kandungan gizinya?

Konsumsi sayur dan buah yang tidak merusak kandungan gizinya adalah dengan memakannya dalam keadaan mentah atau dikukus. Direbus dengan air akan melarutkan beberapa vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah tersebut. Pemanasan tinggi akan mengurangi beberapa vitamin seperti vitamin C.

Sumber : “Rumah Tangga Sehat Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat” Pusat Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, 2007