Forum Anak Purwantoro

Fasilitasi Kegiatan Forum Anak Purwantoro

Fasilitasi Penguatan Forum Anak di Kelurahan Purwantoro tahun 2019 dilaksanakan di Aula Kelurahan Purwantoro pada Sabtu, 28 September 2019 mulai pukul 08.00 WIB-selesai acara dibuka langsung oleh Lurah Purwantoro, dengan narasumber dari Humas Polresta Malang dan Pendamping Anak

Narasumber 1 Bpk Sugeng Riyadi (Humas Polresta Malang) tema materi Jurnalistik dan koran anak serta bahaya gudget /HP pada anak-anak

Narasumber 2 Bu Zuhro Rosyidah (Ketua Koppatara /Komunitas Perlindungan Perempuan dan Anak Nusantara) Malang  tema Penguatan Kelembagaan Forum Anak Kelurahan dan Rekomendasi usulan suara Anak Kelurahan

Harapan penguatan Kelembagaan  Forum Anak tersebut adalah
1. Reorganisasi Forum Anak Kelurahan Purwantoro
2. Ada Rekomendasi Suara Anak Kelurahan Purwantoro untuk Kota dan Kelurahan, sebagai sumbangsih dalam Musrengbankota Tematik Anak dan usulan Musrenbangkel melaui alokasi APBD Kelurahan
3. Buat Blog. atau akun sosmed didampingi KIM Kelurahan … tiap bulan buat Jurnal/infografis atau agenda kegiatan terkait hak dan Perlindungan Anak

Proses Pemilihan Pengurus Forum Anak Kelurahan Purwantoro periode 2019-2021

  • Ketua = Kevin RW 06
  • Wakil Ketua = Alfito RW18
  • Sekretaris = Regita RW 08
  • Bendahara = Sasha RW 11

materi dapat diunduh :

  1. Materi di Kelurahan Puwantoro=Humas Polresta (open)
  2. FA Purwantoro 2019 (open)

Hasil akhir – SK Forum Anak=2019

===========================================================================

Suara Anak Indonesia 2019, di Makassar  tersebut berisi :

Kami anak Indonesia menyuarakan:
1. Mengajak keluarga Indonesia untuk meningkatkan pengasuhan dan pengawasan terhadap anak yang ditelantarkan beserta dengan lingkungannya.
2. Anak Indonesia mendukung penuh pemerintah untuk merealisasikan penyelarasan peraturan perundang-undangan mengenai batas minimal usia perkawinan.
3. Memohon kepada pemerintah untuk mengatasi stunting dengan meningkatkan edukasi keluarga dan pemerataan fasilitas serta akses kesehatan.
4. Mengajak masyarakat Indonesia untuk membatasi penggunaan plastik sekali pakai dan meningkatkan waste to energy.
5. Mengajak pemerintah, tenaga kependidikan, dan masyarakat Indonesia untuk meningkatkan pemahaman terkait kesehatan mental.
6. Mendukung pemerintah untuk menyamaratakan sarana prasarana dan tenaga kependidikan dalam mengoptimalkan sistem pendidikan.
7. Menolak segala bentuk diskriminasi di sekolah, lingkungan, dan media sosial terhadap anak.
8. Menolak segala bentuk eksploitasi terhadap anak.
9. Forum Anak bekerjasama dengan pemerintah untuk meningkatkan dan menyamaratakan pemberian edukasi kepada anak terkait kesiapsiagaan bencana.
10. Memohon kepada pemerintah dan masyarakat untuk meningkatkan perhatian kepada anak berkebutuhan khusus dan anak berhadapan dengan hukum dalam segala aspek kehidupan.
11. Memohon kepada pemerintah untuk mengoptimalkan pembuatan Kartu Identitas Anak dan akta kelahiran di seluruh Indonesia.

============================================================================

Suara Anak Kelurahan Purwantoro Tahun 2019  untuk Kota dan Kelurahan :