«

»

Apr 17

Otonomi Award Tahun 2017

INOVASI : PURWANTORO sebagai KELURAHAN KONSERVASI AIR (KKA)
dan
PURWANTORO sebagai KAWASAN WISATA TERPADU

(GLINTUNG-CILIWUNG-PANDEAN-SANAN)
Adalah tindakan nyata dan upaya melestarikan nilai-nilai luhur budaya warga masyarakat Purwantoro serta mengoptimalkan nilai-nilai baru/inovasi kekinian yang baik dan bermartabat.

Merupakan frame didalamnya memberikan peluang dan kesempatan yang luas bagi kreasi dan inovasi baru di era digital (IT) dari generasi muda maupun seluruh elemen lembaga kemasyarakatan sebagai stakeholder Kelurahan Purwantoro.

Sebagai wujud kebersamaan untuk menghasilkan harmoni dalam rangka meningkatkan taraf kehidupan warga masyarakat Purwantoro khususnya dan Kota Malang pada umumnya.

Seiring masuknya wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk berwisata dan belajar bersama serta meneladani nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

Sesuai dengan tema HUT Kota Malang “HARMONI MEMPERKUAT NILAI KEBANGSAAN”

Inovasi tersebut sebagai Model Pembangunan yang berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang dilaksanakan oleh Kelurahan Purwantoro dalam rangka menjalankan fungsi pemerintahan sebagai : 1. Fungsi Pelayanan 2. Fungsi Pengaturan 3. Fungsi Pembangunan dan Fungsi Pemberdayaan (Empowerment)

 

PURWANTORO menurut sejarah adalah masyarakat petani yang makmur, damai dan sentosa. Mendapatkan anugerah tanah / sawah yang subur digarap dengan alat-alat pertanian cukup memadai.

Keadaan ini ditandai adanya sumber air yang baik, adanya pedukuhan Genuk Watu, Pathuk Salam (gentong/wadah air dari batu dan sumber air ) yang sampai dengan saat ini masih ditemukan adanya sumber air tersebut antara lain : di lingkungan Glintung dan Sanan.

Pandean (asal kata dari komunitas masyarakat pande besi) merupakan pusat pengrajin alat-alat pertanian jaman dulu.

Konservasi Sumber Daya Air : adalah usaha untuk memelihara keberadaan, sifat dan fungsi, serta keberlanjutan sumber daya air supaya senantiasa tersedia dalam kualitas dan kuantitas yang memadai guna memenuhi kebutuhan makhluk hidup, baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.

Gastronomi : adalah seni, atau ilmu akan makanan yang baik (good eating).

Sebagai studi mengenai hubungan antara budaya dan makanan, di mana gastronomi mempelajari berbagai komponen budaya dengan makanan sebagai pusatnya (seni kuliner).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>