BeritaPengumumanUmum

Festival Tempe Malang di Kampung Sanan Purwantoro (21 April 2019)

Festival Tempe Kampung Sanan merupakan event yang diadakan oleh Universitas Negeri Malang bekerja sama dengan Dinas Perindustrian. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 21 April 2019 di kawasan Sanan.

Area tersebut terkenal sebagai sentra industri tempe Kota Malang. Area tersebut dapat dijangkau dengan naik ojek online atau angkot dari Stasiun Kota Baru, selama kurang lebih 15 menitan.

Festival Kuliner Kampung Sanan yang dilaksanakan pada hari Minggu, 21 April 2019 diselenggarakan oleh FIB-UB dalam rangka penutupan Pengabdian Masyarakat 2019 dan didukung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang. Berbagai macam rangkaian acara dalam Festival Kuliner Kampung Sanan meliputi Bazar Produk Olahan Tempe sampai Lomba Memasak Produk Olahan Tempe yang bertempat dijalan poros kanan, Kampung Sanan RW 15, Kota Malang.  Acara tersebut dibuka jam 08.00 WIB oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Malang.

Paguyuban Industri Kreatif Keripik Tempe Sanan pun mulai tes pasar dengan produk-produk barunya. Produk-produk tersebut seperti tempe cokelat, brownis tempe dan stick tempe. Hal tersebut diungkapkan Ketua Paguyuban Industri Kreatif Keripik Tempe Sanan Muhammad Arif. Produk ini dibuat untuk menyasar generasi-generasi millenial yang cenderung lebih senang dengan makanan kekinian. “Rasa cokelat pada keripik tempe cokelat lebih mudah diterima anak-anak karena rasanya yang manis,” ujarnya.

 

Keripik tempe cokelat juga melewati proses yang sederhana. Keripik tempe seperti biasanya dicelupkan pada cokelat cair dan kemudian dibaluri dengan bubuk cokelat skim. Selain melakukan inovasi produk, paguyuban ini juga telah melakukan pemasaran produk secara online melalui berbagai media sosial dan website resmi keripik tempe Sanan. Website dikelola langsung oleh tim IT paguyuban tersebut.

“Alhamdulillah berbagai inovasi telah kami lakukan dan berdampak pada penjualan keripik yang semakin meningkat. Meskipun ada produk baru tetapi keripik yang biasa justru paling banyak peminatnya apalagi yang varian original,” pungkasnya.

Selain itu, ada 3 Pemenang Lomba Festival Kuliner Malang  meliputi Juara 1 yaitu Produk Sate lilit Tempe, Juara 2 Produk Nugget Tempe, Juara 3 Produk Puding Tempe. Harapannya agar warga Kampung Sanan dapat berinovasi lebih untuk mewujudkan Kampung yang berkualitas dan berdedikasi untuk negeri. (AHB)

 

Peta Kampoeng Sanan

Peta Kampoeng Sanan
Gerbang Kampoeng Sanan 2014 Bagi Anda yang belum pernah berkunjung dan ingin berkunjung ke SENTRA INDUSTRI TEMPE SANAN ata…

Wajah Kampoeng Sanan

Wajah Kampoeng Sanan
Bagi penduduk Kota Malang ataupun mereka yang pernah tinggal di kota Malang, pasti tak akan asing dengan Kampoeng Sanan
Manfaat Limbah Tempe
Manfaat Limbah Tempe
Kampung sanan pada saat ini di kelilingi oleh kandang sapi sepanjang aliran sungai yang ada
outlet kripik tempe
outlet kripik tempe
Sekarang ini banyak sekali outlet-outlet kripik tempe di sanan maupun di sekitar jl. sanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *