BeritaPengumumanUmum

Parenting=Artikel Kiat Anak Mogok Sekolah

ANAK MOGOK SEKOLAH

Oleh: Dian Fitriaswaty., MPsi., Psikolog., Cht., CHA., C.NNLP

I. FAKTOR2 ANAK MOGOK SEKOLAH

Anak mogok sekolah di pertengahan proses pembelajaran pada intinya karena ada hal yang membuatnya tidak nyaman di sekolah. Bisa karena proses pembelajarannya (cara guru mengajar, metode belajar), Karakteristik Guru, Karakteristik Teman (lingkungan pergaulan) atau karena lingkungan sekolah (fasilitas sekolah, dll).
 Anak mogok sekolah di awal memasuki bangku sekolah biasanya dikarenakan mereka belum siap sekolah (karena faktor pola asuh). Misal:
1. Orangtua yg over protektif menyebabkan anak punya masalah dalam berinteraksi sosial (takut dan cemas ketika berinteraksi dg lingkungan baru). Biasanya terjadi pada anak yg diasuh penuh kenyamanan di dalam rumah dan minim diberi kesempatan untuk berinteraksi di luar rumah.
2. Orangtua yang gagal memberi informasi yang positif ttg sekolah dan prosesnya (justru malah menakut-nakuti anak), atau tdk bertindak ketika tahu ada pihak lain yang menginformasikan hal negatif ttg sekolah

Anak mogok sekolah karena permasalahan keluarga  Anak Broken home : Mogok sekolah sebagai protes dan sikap pemberontakan pada orangtuanya. Biasanya anak broken home memang rentan bermasalah di sekolah (dlm pergaulan dan performance belajar)

II. CARA MENYIKAPI ANAK MOGOK SEKOLAH

1. Tetap tenang, jangan panik atau emosional  Orangtua yang bisa tetap tenang adalah karena paham ilmu ttg masalah yg dihadapi. Maka pelajari faktor2 penyebab anak mogok sekolah dari berbagai sumber yg worth it.
2. Menggali dari anak maupun pihak sekolah kemungkinan2 yg menjadi penyebab kenapa anak mogok sekolah  utk anak yg mogok sekolah di tengah proses pembelajaran
3. Introspeksi ttg pola asuh selama ini ( utk anak yg mogok sekolah di awal sekolah, atau yg tdk ada hubungannya sama sekali dg sekolah sebagai penyebab).
4. Perbaiki dan cari solusi  kalau tdk sanggup cari bantuan ahli.

III. TIPS AGAR ANAK SUKA SEKOLAH

1. Intinya sedari dini pahamkan manfaat dan hal2 positif tentang sekolah
2. Sedini mungkin persiapkan anak untuk terampil beradaptasi dg lingkungan baru
3. Sedini mungkin sering2 ajak anak untuk mengobservasi sendiri calon sekolah yang akan dimasukinya, libatkan anak dalam keputusan memilih sekolah
4. Introspeksi terus dan upgrade kemampuan pola asuh agar anak tdk menjadi broken home
===============================================================================

Artikel Forum PAUD di Kecamatan Ngaglik-Sleman

Ngaglik – Kecamatan Ngaglik dalam melaksanakan pembangunan tidak hanya bidang fisik tetapi juga non fisik yaitu melalui pendidikan, utamanya pedidikan anak usia dini melalui Kelompok Bermain dan juga PAUD. Agar kegiatan terus terpantau perkembangannya maka setiap bulan diadakan pertemuan rutin Forum PAUD Ngaglik yang tujuannya mengevaluasi kegiatan lembaga PAUD masing masing.

Untuk itu, Forum PAUD mengundang semua pengelola, pimpinan, dan ketua lembaga sebanyak 42 peserta untuk mengadakan pertemuan Forum PAUD yang dilaksanakan Kamis (26/10) di Aula Kantor Kecamatan Ngaglik.

Dalam kesempatan ini, Camat Ngaglik yang diwakili Kasie (Kepala Seksi) Pelayanan Masyarakat, Muryanto memberikan arahan bahwasanya kegiatan pembelajaran PAUD mengarahkan pada sikap, pengetahuan, keterampilan, dan karakter atau perilaku. Oleh karena itu, pendidikan usia dini harus berfokus pada perubahan sikap karakter putra putri kita dan semuanya itu mengarah pada proses.

Lebih jauh Ketua Forum PAUD Kecamatan Ngaglik, Nanik Suparmo, mengharapkan lembaga PAUD di Kecamatan Ngaglik harus lebih maju dan terus berkembang serta diharapkan selalu aktif dalam mengikuti pertemuan Forum PAUD seperti sekarang ini.

Nanik mengharapkan agar para pengelola, pimpinan dan ketua lembaga selalu aktif mengikuti perkembangan program PAUD sesuai kurikulum 2013, yang intinya “MENUJU LEMBAGA PAUD YANG BERKUALITAS”. Judul bahasan yang disampaikan Nanik ini sangat penting karena prospek masa depan anak-anak yang akan datang, dan sekarang ini kita semua menuju kesana dengan caranya yang berbeda-beda walaupun tujuannya sama

Selanjutnya, ke depan PAUD harus punya program yang disebut Skala Perkembangan Tiap Minggu. Hal ini harus dibuat para guru PAUD untuk dan dimulai dari tingkat PAUD, SD, SMP, SMA bahkan sampai Perguruan Tinggi.

Untuk itu, ketua forum mengajak anggota untuk menjadi anggota yang aktif selalu mengikuti pertemuan. Hal ini sangat diharapkan agar kita semua mengetahui kekurangan dan kelemahannya.

Di dalam pedoman bahwa tingkat pendidikan Indonesia masa depan adalah berpikir analisis, evaluasi kinerja, inovatif, dan kreatif itu peran dari seluruh pengelola PAUD. Di samping itu juga ada tantangan pendidikan masa depan yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) untuk abad 21 bahwa SDM yang memiliki keterampilan dalam hidup berkarier, keterampilan dalam belajar, mengarah pada kemampuan dan kreatif, berpikir kritis, dan berkarakter.

Dalam melaksanakan ketugasan ketua lembaga harus menyiapkan sistem, SDM, serta sarana dan prasarana pun keberlangsungan dalam belajar-mengajar. Setelah paparan selesai dilanjutkan diskusi dan ditutup dengan penjelasan tentang website, iuran, SK Pendidik PAUD, serta sarana dan prasarana yang harus dilengkapi lembaga PAUD secara bertahap.

================================================================================

CONTOH SUSUNAN PENGURUS FORUM PAUD POLMAN dan TIM KOORDNASI PAUD HOLISTIK-INTEGRATIF

SUSUNAN PENGURUS FORUM PAUD KAB. POLEWALI MANDAR
SK Bupati Polewali Mandar No. …/2011, tanggal 23 Feburari 2011

  1. Pelindung  : Ali Baal (Bupati Polewali Mandar)
  2. Penasehat : Nadjamuddin Ibrahim (Wakil Bupati Polewali Mandar)
  3. Pengarah : Drs. M. Natsir Rahmat, MM (Sekda), Drs.M. Nadjib Abdullah, MM (Ka. Bappeda)
  4. Penanggung Jawab : Drs. H. Arifuddin Toppo, M.Pd. (Kepala Dinas Dikpora)
  5. Ketua : Hj. Ruskaty Ali Baal (Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Polman)
  6. Sekretaris : Yohanis Piterson, S.Pd., M.Si. (Kepala Bidang PLS Disdikpora)
  7. Anggota : 1) Dra. Hj. Melati Amin (Kasi PAUD Disdikpora), 2) Hamzah Ismail, S.Pd. (Ketua HIMPAUDI Polman), 3) Hikmah, ST, M.Si. (Kabid Sosbud Bappeda), 4) Hj. Mudhra (Staf Dinas Kesehatan), 5) Muhammad Zakir Akbar (Direktur LK2BS), 6) M. Danial (Direktur Pelaksana LPSP).

SUSUNAN PENGURUS TIM KOORDINASI PAUD HOLISTIK INTEGRATIF KAB. POLMAN
berdasakan SK Bupati Polewali Mandar No. 93 Tahun 2011 tanggal 25 Februari 2011

  1. Pembina : Ali Baal (Bupati Polewali Mandar)
  2. Penasehat : Nadjamuddin Ibrahim (Wakil Bupati Polewali Mandar)
  3. Penanggung Jawab : Drs. M. Nadjib Abdullah, MM (Kepala Bappeda Polman)
  4. Ketua : Drs. H. Arifuddin Toppo, M.Pd. (Kepala Disdikpora Polman)
  5. Sekretaris : Yohanis Piterson, S.Pd., M.Si. (Kabid PLS Disdikpora Polman)
  6. Anggota : 1) Dr. Ayub Ali, MM (Kadis Kesehatan Polman) 2) Drs. Mudjtahid, MM (Kepala BKKBPP Polman), 3) Drs. Adnan Nota (Kepala Kanwil Kemenag Tingkat Kab. Polman), 4) Drs. H.M. Yusran Syafei. I, MM (Kepala Dinas Sosial), 5) Ir. Budi Utomo, MM (Kepala Bagian Ekbang Setda), 6) Hikma, ST, M.Si. (Kabid Sosbud Bappeda Polman), 7) Dra. Hj. Melati Amin (Kasi PAUD Disdikpora Polman), 8) Drs. H.M. Idrus (Ketua Dewan Pendidikan Kab. Polman), 9) Dra. Hj. Ruskaty Ali Baal (Ketua Forum PAUD Polman), 10) Dra. Hj. Nurbiah Anwar, MM (Ketua Tim Penggerak PKK Pokja Bid. Pendidikan), 11) Hamzah Ismail, S.Pd. (Ketua HIMPAUDI Polman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *